Pages

Jumat, 20 September 2013

Saya merasa di tipu!

"Logic is Bullshit!"
          Sebelum saya membahas ini itu tentang penipuan yang baru saja saya alami dan beberapa kawan saya, saya ingin mengungkapkan bahwa ini sebenarnya bukan hal penipuan yang seutuhnya penipuan. Kenapa? Anggap saja bahwa baru saja kita memberikan apresiasi yang tinggi kepada sang promoter yang gigih berjuang mendapatkan beberapa lemabar uang meskipun “caranya” tidak begitu berkenan di hati. Tenang, semuanya akan digantikan kok. Siapa yang akan ganti? Tentu saja ilmu yang ada di buku itu meskipun kalian hanya menemukan sedikit.
          Pasti kalian bertanya-tanya, penipuan apa sih ? Ini penipuan bermoduskan motivasi belajar dengan ujung-ujung mempromosikan buku dengan menjajakkannya ke beberapa sekolah. Mereka membawa nama UGM padahal mereka adalah UGAMA. Miris juga sih, kenapa sekolah bisa menerima mereka dan membiarkannya masuk untuk promosi ke sekolah. Kayaknya sih mereka dianggap mau sosialisasi tentang UGM buat persiapan SNMPTN 2014. SALAH BESAR!
Gini nih kejadiannya, tadi sore waktu perjanjian dengan sang seles buku untuk mengambil buku berpaket yang sudah dipesan beberapa siswa setelah seminar “motivasi” tepatnya promosi di beberapa kelas itu. Tiba di tempat kejadian memang saya langsung melihat mobil Luxio hitam dengan plat nomor AB…CC seperti apa yang disampaikan di “seminar” promosi itu. Saya langsung mendekat, heran saja. Mana nih buku yang di jual? Gak mungkin dong saya mau beli kucing di dalam karung, maksudnya beli sesuatu tanpa tau barangnya seperti apa. Saya meminta untuk melihat buku itu, aneh saja. Seorang yang berinisial S itu mengetok kaca mobil dan seseorang di dalam mobil mengeluarkan beberapa buku untuk dilihat. Ehhh, saya heran di dalam hati. Tau deh, penyakit nge-judge buku dari cover dan kertasnya muncul dalam hati. Ini buku cius harganya 300 ribu? Apa sih kok jelek banget kualitas tampilannya? Kok pake kertas burem? Kok covernya gak mutu dengan errr.. setelah lama membolak balik buku itu. Saya memutuskan tidak membeli semuanya. Saya hanya “sedikit” tertarik dengan buku Bahasa Inggrisnya aja. Tapi lama-lama ngeliat kegigihan si promotor menawarkan kepada saya dan dengan tatapan wajahnya yang penuh harap saya akhirnya memutuskan membeli buku IPA. Ntahlah, bodoh? Mungkin saja tidak, saya belum menggali buku itu lebih dalam.
Dipandang dari segi ekonomi produksi buku itu seharusnya seharga buku LKS. Gimana enggak, tampilannya pake kertas buram dengan cover seadanya. Buat temen-temen yang udah terlanjur beli ya udah syukuri aja. Ambil ilmu sebanyaknya dari buku itu. Gak perlu menyesali semuanya, toh gak bisa balikkan uangnya. Anggap saja sedekah. Oh ya, kalo besok-besok ada yang nawari buku gak jelas seperti itu mending hati-hati aja deh. Jangan mudah percaya! Apalagi sampai berbinar-binar saking tertariknya dengan presentasi sang promotor. 
Perhatikan detail barang dan produknya. 
Jangan sampe salah lagi dan tertipu ya^^




4 komentar:

Hy Emel mengatakan...

300ribu ? Di sekolah ku 150ribu di jualnya... dan tetep ngerasa tertipu sma isinya....

Pantesan mas nya ada bilang "buku ini tidak diperjualbelikan secara bebas, dan tidak ada di toko buku manapun"
Yaiyalah bukunya gak mutu gitu=="

bram mengatakan...

perekrutan tentor dan guru juga msh dilakukan smp sekarang dgn label INDONESIA CERDAS bukan UGAMA lg utk mengelabui.
teman sya hmpir tertipu bkerja dsitu, untngny tdk jdi.
sy posting di facebookny INDONESIA CERDAS eh mlh skrng fb ny dikonfigurasi agar tidak ada yg bsa berkomentar.

Dewi mengatakan...

Kok sama ya kak nasibnya. Dia bilang gak jual bebas gitu. Haduh, masih anak labil makanya ngikut aja. Semoga dapet pelajaran kita dari semua ini kak

Unknown mengatakan...

iya aku juga. bahkan waktu tahun lalu juga masih terjadi. si penipu masuk pas jam kosong padahal udah ditolak. dia jualan buku kaya gitu, dan katanya buku nya tuh ada barcodenya, eh taunya barcodenya bukan menuju ke link yg isinya soal2, tapi menuju ke youtube. satu paket bukunya dijual 200 ribu (si penipu bilang harga normalnya 450 ribu). begitu awal tahun ini aku lapor sama guru, dan buku yang aku beli dari penipu dijadiin barang bukti.

Posting Komentar