Pages

Senin, 02 September 2013

“Pengalaman seputar Lomba Cerdas Cermat Geografi”


                LCC Geografi ini sebenarnya merupakan salah satu dari dua mata lomba yang diadakan oleh Tim MGMP Geografi Lombok Timur selain lomba artikel yang telah lebih dulu diadakan. Lomba cerdas cermat ini diikuti oleh beberapa sekolah yang tergabung di tim MGMP, namun tidak semuanya karena memang ada sekolah yang tidak mengikuti. Lomba ini mengalami beberapa kali penundaan dan pada awalnya diadakan sebelum seleksi OSK (Olimpiade Sains Kabupaten). Hal itu disebabkan karena beberapa sebab, ya salah satunya “pemilu. Miris.
                Saya beserta lima orang rekan saya, mewakili SMAN  1 Selong dalam lomba ini. Sebelumnya saya juga berpartisipasi dalam lomba artikel, bersama salah seorang teman seperjuangan saya, Nida. Lomba LCC ini telah kami persiapkan jauh-jauh sebelumnya bersamaan dengan mempersiapkan seleksi OSK yang diadakan bulan April yang lalu. Meskipun begitu, mendengar LCC ini mengalami penundaan hingga konflik pemilu mereda saya beserta 5 rekan saya merasa sedikit gugup. Tentu saja, persiapan dan lombanya memiliki rentang waktu yang cukup lama, sehingga materi yang sudah kami pelajari terasa sedikit “berkarat” di otak ini. Perlu diasah lagi.
                Menjelang lomba yang diadakan pada tanggal 24 Juni itu, bukannya mengasah otak yang karatan, saya malah disibukkan dengan LKTI yang sialnya lomba itu ditunda. Saya membaca materi dan beberapa catatan  yang saya pernah peroleh dari pembina kami tercinta, ibu Heny Rahmaningsih. Saya merasa materi yang saya pelajari masih kurang, sehingga perlu membuka mbah Google untuk melengkapinya.
Tim saya yang terdiri dari 3 orang yaitu saya, Ardy dan Intan. Sedangkan tim dari SMAN 1 Selong yang lain yaitu Nurma, Lina dan Ria. Saat berlatih, kekuatan kedua tim ini bisa dikatakan imbang. Kadang tim saya yang menang, kadang juga kalah oleh tim Nurma dkk. Seru. Ternyata apa yang kami sering lakukan selama latihan terulang lagi. Dalam babak penyisihan tim saya dan Nurma lolos sampai ke final. Inilah serunya. Kami akan berduel lagi, meskipun tim SMAN 1 Sikur juga lolos dan menjadi pesaing kami juga. Pada soal wajib tim saya yaitu Tim A, kami bisa menjawabnya dengan sempurna. 10 soal benar. Kamipun sedikit lega. Hingga giliran Tim C, timnya Nurma dkk menjawab soal wajib. Mereka terpeleset di 2 soal dan soal pun dilempar ke Tim kami. Salah. Kamipun tidak bisa menjawab, jawabannya Rio De Jeneiro, Brazil. Pada babak rebutan, kami sedikit tegang sampai saya merasakan tangan saya merah karena menggenggam bel terlalu kuat. Soal demi soal kami jawab secepat kami bisa. Sukses. Kami mendapatkan skor tertinggi yaitu 1900 poin sedangkan tim B 650 poin dan tim C 1320 poin.

Ketika pengumuman kedua mata lomba, ternyata saya mendapatkan juara pertama dalam lomba menulis artikel. Tidak sia-sia, Nida juga memperoleh juara kedua. Pada lomba cerdas cermat SMAN 1 Selong juga memeperoleh juara pertama dan kedua, sehingga SMAN 1 Selong keluar sebagai juara umum dalam lomba yang diadakan oleh Tim MGMP Geografi Kabupaten Lombok Timur. Otomatis perjuangan tidak sampai disini, semoga SMAN 1 Selong bisa mempertahankan piala juara umum digenerasi selanjutnya. Fighting!

2 komentar:

Unknown mengatakan...

soalnya kaliann udah tauu weee... wajar kaliann menanggggg... selamat atas perolehannya di LCCG 2014

Unknown mengatakan...

Maaf ya..
maksud dari "tau" itu apa?

Posting Komentar